Berencana untuk berlibur ke benua Eropa pasti negara-negara yang sangat populer seperti Perancis, Jerman,  BelAnda sudah masuk daftar kunjungan Anda, Namun ada negara lainnya yang tidak kalah menarik juga loh untuk dikunjungi, salah satunya adalah Republik Polandia. Polandia negara yang bersebelahan langsung dengan Jerman ini memiliki keindahan tersendiri melalui bangunan-bangunan kuno serta bentang alam yang indah.

Polandia tergabung dalam Uni Eropa dan terletak di Eropa Tengah. Negara ini memiliki perbatasan dengan Laut Baltik di sebelah utara, deretan Pegunungan Carpathian dan Sudetes di sebelah selatan. Pada sisi barat berbatasan langsung dengan Jerman, sedangkan pada sisi timur dengan Belarus, pada sisi selata berbatasan dengan dua negara sekaligus Republik Ceko dan Slovakia, dan pada sisi utara dengan Lithuania dan Kaliningrad oblast Rusia (exclave Rusia). Bahasa resmi yang digunakan oleh penduduk Polandia adalah Bahasa Polandia (Polish), dengan mata uang resminya adalah Zloty (PLN). Secara administratif Polandia memiliki 16 provinsi denga Ibukota Warsaw.

Dalam artikel ini, Anda akan disajikan daftar kota terindah di Polandia yang wajib Anda sambangi saat berplesir ke sini. Pesanlah tiket pesawat sebagai moda transportasi pilihan bagi Anda yang tengah ingin mengunjungi Polandia. Setelah itu, bacalah artikel ini untuk pedoman Anda berplesir.

Krakow

Krakow merupakan kawasan kota tua (old town) yang memiliki nilai sejarah tinggi untuk Polandia. Krakow merupakan ibukota pertama dari Kerajaan Polandia pada tahun 1038 hingga 1596. Pada tahun 1978, kawasan Kota Tua (old town) ini sudah dimasukkan ke dalam daftar UNESCO World Heritage. Letak dari Kota Tua Krakow berada di sepanjang Sungai Wisla (Vistula), tidak jauh dari perbatasan Polandia dan Ceko pada wilayah selatan negara ini. Secara administrasi, Krakow termasuk dalam wilayah Provinsi Lesser Poland (Malopolskie). Sebagai kota terbesar kedua setelah Warsaw, Krakow memiliki jumlah penduduk sekitar 763 jiwa penduduk pada tahun 2015. Landmark utama yang dimiliki Krakow antara lain Wawel Castle, Main Square, St. Mary’s Basilica, Planty Park, dan Besztowa Street. Akses untuk menuju Kota Tua Krakow ini pun mudah, dari Warsaw dapat dicapai dengan kereta maupun pesawat udara melalui bAndara John Paul II International Airport Krakow-Balice.

Warszawa

Ibukota Negara dari Polandia adalah Warsaw atau Warszawa. Kota Warszawa terletak di sepanjang Sungai Wisla (Vistula) dan terletak di Provinsi Masovia. Warszawa menjadi ibukota kerajaan Polandia   pada tahun 1596. Kota Warszawa memiliki julukkan “Phoenix City” dikarenakan dapat melalui masa sulitnya ketika harus menghadapi berbagai perang, konflik, dan ivasi sepanjang sejarah. Warszawa juga sudah terdaftar di UNESCO World Heritage pada tahun 1980. Landmark utama yang dapat dikunjungi antara lain Royal Castle, Market Square, Castle Square, St. John’s Cathedral, Ujazdow Castle, Krasinski Palace, Lazienki Park.

Gdansk (Danzig)

Gdansk atau Danzig merupakan kota pelabuhan utama di Polandia  Kota yang terletak di utarazPolandia ini memiliki jumlah penduduk sekitar 461 ribu jiwa pada tahun 2014. Kota ini merupakan saksi sejarah dari lahirnya gerakan Solisarity, sebuah gerakan yang nantinya berhasil mengakhiri rezim komunis di negara Polandia pada tahun 1980. Gdansk memili letak administrasi ibukota dari Provinsi Pomeranian. Akses untuk mencapai kota ini tidaklah sulit, dapat menggunakan kereta atau apabila membutuhkan efisiensi waktu dapat menggunakan pesawat udara melalui bAndara Gdansk Lech Walesa Airport . Landmark dari kota ini pun cukup banyak dan sangat menarik untuk dikunjungi, yaitu Westerplatte, Oliwa Cathedral, Abbot’s Palace, Long Street, Long Market, dan Green Gate.

Poznan

Poznan merupak satu kota yang dikenal dengan wisata sejarah serta perguruan tinggi. Poznan merupakan salah satu kota tertua di Polandia yang memiliki peran penting dimasa Kerajaan Polandia pertama kali pada abad ke-13. Poznan yang terletak di wilayah Provinsi Greater Poland (Wielkopolska) ini dahulu terletak di Ostrow Tumski, sebuah pulau kecil yang terletak di Sungai Warta. Kota Poznan ini memiliki jumlah penduduk total sekitar 552 ribu jiwa pada tahun 2012. Landmark yang sering dikunjungi di Poznan, yaitu Old Town, Royal Castle, Adam Mickiewicz Park dan Danau Malta. Kota ini dapat dicapai menggunakan bus ataupiun kereta dari Kota Warszama.

Wroclaw

Kota yang terletak di sisi barat Polandia ini memiliki luas wilayah terbesar dibandingkan dengan dengan kota-kota lainnya. Secara geografis kota ini terletak di tepi Sungai Order, dataran rendah Silesia. Kota ini memiliki jumlah penduduk sekitar 637 ribu jiwa pada tahun 2016. Wroclaw dahulunya merupakan ibu kota region Silesia, sebuah region Eropa tengah yang meliputi Polandia, Republik Ceko, dan Jerman. Dalam sejarahnya, kota ini pernah menjadi bagian dari kerajaan Polandia, Bohemia, Hongaria, Austria, Prussia, dan Jerman. Kota ini secara administrative masuk didalam Provinsi Lower Silesian (Dolnoslaskie) dan terdiri dari beberapa landmark yang popular, seperti Wroclaw Town Hall, Cetennial Hall, Market Square, Panorama Raclawicka, dan Szczytnicki Park. Akses menuju kota ini dari Warszawa dapat dicapai dengan bis maupun kereta dengan jarak sekitar 340 km.

Lublin

Sebelumnya kota terbesar di barat, sekarang terdapat Kota Lublin sebagai kota terbesar di wilayah timur Polandia setelah Krakow. Lublin merupakan pusat administrasi dari Provinsi Lublin. Secara geografis, kota ini terletak di tepi timur Sungai Vistula. Lublin dahulunya merupakan salah satu kota utama (royal city) pada masa kekuasaan Kerajaan Polandia. Maka dari itu, sekarang banyak terdapat landmark-landmark menarik yang dapat dikunjungi apabila ke Kota Lublin, seperti Old Town, Crown Tribunal (Pengadilan Kerajaan), Lublin Castle, Stare Miastro Street, dan Cracow Gate. Jumlah penduduk kota ini sekitar 349 ribu jiwa pada tahun 2011.

Zakopane

Letak dari kota Zakopane ini berada di kaki Pegunungan Tatra. Kota ini terletak di region Podhale, ujung selatan Polandia, tepat di perbatasan Polandia-Slowakia. Zakopane merupakan kota resort, jumlah penduduk kota ini hanya sekitar 28 ribu jiwa pada tahun 2006. Memiliki pemAndangan yang sangat indah karena berada di lembah dua pegunungan, Zakopane menjadi salah satu destinasi wisata favorit wisatawan. Selain itu, rumah-rumah yang berada disini pun dibangun dengan arsitektur tradisional khas Podhale. Dari Krakow kota ini berjarak sekitar 100 km dan dapat ditempuh menggunakan bis maupun kereta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *