4 Cara Catok Rambut yang Benar Agar Rambut Tetap Sehat dan Indah

Rambut adalah mahkota bagi seorang wanita. Keindahan rambut akan membuat wanita merasa lebih percaya diri. Banyak cara yang dilakukan untuk membuat mahkota tersebut terjaga keindahannya. Salah satunya adalah dengan melakukan catok rambut.

Catok rambut ini bertujuan untuk membuat rambut lurus dan rapi. Tapi kalau tidak dibarengi dengan melakukan upaya perawatan rambut lainnya, aktivitas mencatok ini bisa membuat rambut berangsur rusak. Lebih dari itu mengetahui cara mencatok rambut yang benar adalah keharusan supaya rambut tetap sehat dan indah.

Yuk pahami cara catok rambut yang benar di bawah ini.

Hindari mencatok rambut yang basah

Rambut harus dipastikan dalam kondisi bersih sebelum dicatok. Itu artinya sebelum mencatok, rambut harus dicuci sampai bersih. Namun jangan sampai kamu mencatok rambut yang masih basah tersebut karena dapat menimbulkan aroma terbakar dan bisa membuat rambut menjadi rusak. Sebaiknya keringkan dulu baru bisa mulai dicatok.

Krim sebagai nutrisi rambut

Setelah mencuci rambut, kamu bisa menggunakan krim khusus untuk menutrisi rambut. Selain membuat rambut lebih sehat, penggunaan krim ini juga akan menjadikan hasil catokan lebih bagus dan tahan lama.

Pakai sisir rambut khusus

Tidak sembarang sisir rambut bisa digunakan untuk mencatok rambut. Untuk itu pilihlah sisir yang memiliki ujung runcing supaya lebih mudah saat mengambil bagian-bagian rambut.

Bagi rambut menjadi beberapa bagian

Agar proses catok rambuh mudah dilakukan dan merata ke seluruh bagian rambut. Kamu bisa memulai menyisir rambut lalu membaginya menjadi 4 sampai 6 bagian. Manfaatkan penjepit rambut agar rambut mudah diatur.

Satu kali catok

Mencatok rambut yang benar adalah dengan sekali tarikan. Jadi, kamu disarankan untuk mencatok mulai dari pangkal sampai ujung rambut namun dalam satu tarikan. Sebab apabila kamu mencatok rambut pada bagian yang sama lebih dari satu kali, ini memungkinkan rusaknya kutikula rambut.

Demikianlah 5 cara catok rambut yang baik dan benar. Perhatikan betul cara-cara di atas supaya hasil catokan lebih bagus dan tahan lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *