Bahaya kopi bagi tubuh kita !

Mengonsumsi kopi telah menjadi gaya hidup kebanyakan orang di dunia. Namun, terlalu banyak mengonsumsi juga menyebabkan efek samping, salah satunya adalah penyakit kardiovaskular. Lalu, apa batas aman untuk mengonsumsi kopi? Menurut penelitian, minum enam cangkir kopi sehari akan mendorong kita terhadap risiko kesehatan. Penelitian dilakukan oleh para ilmuwan dari Universitas Australia Selatan dan dipimpin oleh para peneliti UniSA, Dr. Ang Zhou dan Profesor Elina Hyppönen dari Pusat Kesehatan Presisi Australia.

Hasil penelitian mengklaim konsumsi enam cangkir kopi atau lebih, dapat meningkatkan risiko penyakit jantung hingga 22 persen. Dalam penelitian ini, para peneliti mencoba mengungkap efek jangka panjang dari konsumsi kopi dalam kaitannya dengan penyakit kardiovaskular. Lebih khusus lagi, penelitian ini mengkonfirmasi titik di mana kelebihan kafein menyebabkan tekanan darah tinggi, yang memicu penyakit jantung. “Kopi adalah stimulan yang paling umum dikonsumsi di dunia dan diyakini dapat meningkatkan kewaspadaan, energi, dan fokus pikiran,” kata Profesor Hyppönen. Meskipun manfaatnya telah diketahui banyak orang, Profesor Hyppönen mengatakan banyak orang tidak tahu seberapa aman untuk mengkonsumsinya. “Saya setuju bahwa minum terlalu banyak kopi dapat membuat seseorang merasa cemas, mudah emosional, atau bahkan mual,” tambahnya. Menurut Profesor Hyppönen, semua itu karena kafein membantu tubuh bekerja lebih cepat dan lebih keras. Tetapi, ada kemungkinan besar bahwa ini juga karena kita telah mencapai batas maksimum dalam mengonsumsi kafein. Kita juga tahu risiko penyakit kardiovaskular dan tekanan darah tinggi meningkat karena konsumsi kafein yang berlebihan.

Untuk menjaga kesehatan jantung dan tekanan darah, kita harus membatasi asupan kopi hingga kurang dari enam cangkir sehari. Berdasarkan data dari para peneliti, mengonsumsi enam cangkir kopi adalah titik kritis di mana kafein mulai berdampak negatif pada risiko kardiovaskular. Penelitian ini dilakukan dengan menganalisis 347.077 peserta yang berusia antara 37 hingga 73 tahun. “Diperkirakan tiga miliar cangkir kopi dinikmati setiap hari di seluruh dunia,” tambah Prof. Hyppönen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *